8 Pola Tempat Duduk Siswa Dalam Kelas (Bag. 1)

8 Pola Tempat Duduk Siswa Dalam Kelas. Pembelajaran kontekstual memiliki beberapa ciri, antara lain menuntut siswa untuk aktif dan kreatif menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi, memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar, dan bekerja dalam kelompok. Ciri tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual memiliki kontribusi dalam pengembangan kreativitas siswa secara maksimal.

Pebelajaran kontekstual menuntut adanya kelas yang kondusif, yaitu kelas yang dapat menciptakan suasana yang mendorong siswa untuk belajar. Penataan lingkungan kelasnya mendukung hal itu. Di antara lingkungan kelas yang dibutuhkan adalah pengaturan meja-kursi siswa, penataan sumber dan alat bantu belajar, dan penataan pajangan hasil karya siswa.

Dalam hal penataan meja-kursi siswa, paling sedikit harus memenuhi 4 kriteria: 1) Mobilitas, untuk memudahkan siswa dalam bergerak dari satu tempat ke tempat lain, 2) Aksesibilitas, berarti memudahkan siswa dalam mengakses sumber dan alat bantu belajar, 3) Interaksi, berarti memudahkan siswa dalam berinteraksi dengan sesama teman dan atau gurunya, dan 4) Variasi kegiatan, berarti memudahkan siswa dalam melakukan berbagai kegiatan yang beragam, misalnya berdiskusi, melakukan percobaan, dan presentasi.

Ada banyak pola pengaturan tepat duduk yang mendukung pembelajaran kontekstual atau PAIKEM. Pola tempat duduk ini berbeda dengan pengaturan konvensional yang lebih mirip kursi bus kota atau bioskop.

Berikut ini 8 Pola Tempat Duduk Siswa Dalam Kelas untuk menunjang pembelajaran PAIKEM atau kontekstual:

1. Formasi Huruf U

Formasi ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Para peserta didik dapat melihat guru dan/atau melihat media visual dengan mudah dan mereka dapat saling berhadapan langsung satu dengan yang lain. Susunan ini ideal untuk membagi bahan pelajaran kepada peserta didik secara cepat karena guru dapat masuk dan berjalan ke berbagai arah dengan seperangkat materi. Guru dapat menyusun meja dan kursi dalam format U sebagai berikut;
8 Pola tempat duduk siswa dalam kelas formasi U 
Selain model di atas, formasi U berikut ini memungkinkan kelompok kecil yang terdiri dari tiga peserta didik atau lebih dapat keluar masuk dari tempatnya dengan mudah.

8 Pola tempat duduk siswa dalam kelas formasi U

Demikian  8 Pola Tempat Duduk Siswa Dalam Kelas. Untuk pola yang lain, tunggu saja tulisan berikutnya.

Bag. 1, 2, 3, 4 

Baca juga :

  3 Upaya Optimalisasi Pengelolaan Zakat
  UN Itu Tentang Kejujuran, Bukan Kelulusan
  Siswi Hamil dan Tahanan Tetap Berhak Ikut Ujian Nasional

0 Response to "8 Pola Tempat Duduk Siswa Dalam Kelas (Bag. 1)"

Post a Comment